Tips Memilih Hewan Qurban

image

Hari Raya Idul Adha atau Idhul Qurban tinggal dalam hitungan hari lagi. Bagi anda  yang tahun ini berencana qurban ada beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum membeli atau memilih hewan qurban

fiqih qurban(Shahih Fiqih Sunah), hewan yang lebih disukai dan lebih utama untuk qurban adalah yang gemuk dan sempurna. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah:

Umur Hewan
Untuk memilih hewan qurban, yang perlu diperhatikan adalah umur dari hewan tersebut.dengan ketentuan sebagai berikut berikut rinciannya:

1. Onta 5 tahun
2. Sapi 2 tahun
3. Kambing Jawa 1 tahun
4. Domba/wedhus gembel 6 bulan.

Namun kadang kita juga kesulitan menentukan umur hewan tersebut karena mungkin hewan tersebut bukan hewan peliharaan kita, atau mendapatkannya dipasar. Apabila kita menemui hal yang demikian maka coba dicek apakah gigi hewan tersebut sudah ganti belum.

Hewan yang telah  dewasa, biasa pernah mengalami pergantian gigi, dari gigi susu ke gigi tetap (dalam istilah jawa, sudah Poel). Jadi nanti bisa dilihat langsung atau minta bantuan penjual hewannya untuk pengecekannya.

Hewan Tidak Cacat

untuk kecacatan ini yang perlu diperhatikan adalah bahwa jangan sampai hewan yang dikorbankan adalah hewan sanglir (pelir dari hewan qurban hanya 1 ), kemudian tidak buta, pincang dan sangat tua.

Usahan ketika memilih hewan qurban yang sudah berumur, gemuk , sehat , sehingga secara syar’i masuk dan ketika disembelih daging yang dihasilkan daging segar yang banyak.

Untuk mengecek apakah hewan qurban tersebut sehat, kita bisa meminta bantuan  kepada dokter hewan.Selamat berkorban……….

1 thought on “Tips Memilih Hewan Qurban”

Leave a Reply