Refleksi Akhir Tahun:Transformasi Pemikiran Menuju Aksi-Aksi Nyata

 

Mencermati berita  internasional , menjadikan kita semakin semangat untuk mewujudakan transformasi budaya dan kebaikan kepada masyarakat. Bagaimana tidak, banyak berita internasional yang menceritakan bagaimana gerakan dakwah sekarang mendapatkan kepercayaan untuk mengelola negara.
Mulai dari turki dengan AKP ya dan yang masih segar dari ingatan kita Mesir dengan PKK(Partai Kebebasan dan Keadilan)dan partai Annur, ketika cermati partai-partai tersebut bekerjanya merupakan inspirasi dari gerakan dakwah, dengan berijtihad melakukan perjuangannya dengan masuk ke parlemen.
Keberhasilan gerakan dakwah tidak lepas dari tidak lelahnya aktifis dakwah untuk melakukan dua hal , diantaranya: transformasi pemikiran dan melakukan aksi untuk menyadarkan masyarakat untuk menuju tatanan yang lebih baik.
Transformasi pemikiran ini yang menjadi sebuah ruh yang menggerakkan organisasi dakwah untuk memilih jalan perjuangannya. Inilah yang akan menguji sejauh mana sebuah gerakan dakwah akan eksis atau tidaknya. Ketika kita cermati partai Annur di Mesir ketika kita lihat pengurusnya kebanyakan dari gerakan dakwah salafi. dan sebagaimana  kita ketahui bahwa dari awal salafi ini anti demokrasi , ekstrimnya demokrasi itu bid’ah dan haram. Tapi dimesir justru salafi membentuk partai dan ikut pemilu.Ikhwanul Muslimin sebagai salah satu gerakan dakwah juga berijtihad membentuk partai , dan dinamai Partai Kebebasan dan Keadilan dan menjadi pemenang pemilu di mesir.
Yang menjadi menarik lagi bahwa kesuksesan partai-partai tidak lepas dari keberhasilan dari program-program yang dikerjakan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Ini merupakan implementasi dari transformasi pemikian yang diwujudkan dalam aksi-aksi nyata dimasyarakat. Dengan kata lain gerakan dakwah dapat menyatu dengan masyarakat.Kebersatuannya bukan hanya program namun juga kader-kadernya bisa dipercaya masyarakat dengan menduduki pos-pos jabatan strategis dimasyarakat.
Dua hal ini yang menjadi gerakan dakwah di timur tengah mendapatkan kemenangannya.Mengelola organisasi dengan melakukan proses pematangan pemikiran dan tidak lupa melakukan aksi -aksi nyata kepada masyarakat .
Ini menjadi sebuah renungan bagi kita bersama, sampai dimana transformasi pemikiran kita sekarang?apa yang menjadi tema diskusi yang kita lakukan ? dan yang tak lupa agenda-agenda apa yang akan  kita rancang untuk masyarakat?

Leave a Reply