Pengorbanan

 

Kurang lebih 1 minggu lagi seluruh warga muslim diseluruh dunia akan merayakan hari raya idul adha, rutinitas tahunan yang mengenang perjalanan hidup nabi ibrahim dan nabi ismail. Refleksi dari kesholihan keluarga untuk totalitas menghambakan kepada Allah SWT. dan dijadikan tauladan untuk umat manusia.
Prototipe keluarga ibrahim adalah keluaraga yang layak dijadikan tauladan untuk kita bersama, tentang ketaatan, kesabaran, pengorbanan  dan komitmen bersama-sama untuk menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT.
Sementara sebagian warga muslim yang telah mampu untuk melakukan perjalanan sekarang sedang merapat untuk berkumpul dibaitullah (makkah) untuk menjalankan salah satu rukun islam yaitu naik haji,
Haji merupakan ruku iman yang ke 5 dan ibadah haji ini merupakan refleksi ibadah yang membutuhkan banyak pengorbanan, pengorbanan harta, waktu, tenaga .
Sehingga benar jika ibadah haji ini diperuntukkan bagi orang yang mampu dan memiliki komitmen yang kuat untuk melaksanakan.Kolaborasi ini yang harus dimiliki ketika kita menginginkan menunaikan ibadah haji.
Tidak sedikit yang cerita orang banyak harta tetapi tidak menunaikan ibadah haji, tetapi ada orang yang secara materi kurang tapi bisa haji karena memiliki niat yang kuat bisa menunaikan ibadah haji.
Sebuah refleksi bahwa dalam perjalanan hidup , untuk menaikan derajat kita dihadapan Allah butuh sebuah pengorbanan, semakin naik derajat dihadapan Allah akan sebanding dengan pengorban kita yang kita lakukan.Inilah yang menjadi inti dari ibadah haji, mengenang perjuangan dan pengorbanan keluarga nabi Ibrahim untuk menjalankan perintah Allah.

Leave a Reply