Pemberdayaan Masyarakat (bagian 2)

Dalam tulisan saya sebelumnya,ada beberapa hal yang coba saya tulis dalam hal pemberdayaan manusia, diantaranya adalah seperti filosofi pertumbuhan manusia, dari semenjak bayi sampai dewasa dengan model setiap fase berbeda-beda penanganannya.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami juga, bahwa pemberdayaan itu membutuhkan sebuah pengorbanan, kenapa bisa seperti itu? iya karena pemberdayaan merubah pola pikir dan pola sikap dari manusia.

Dalam hal ini dibutuhkan waktu yang panjang untuk melakukan proses perubahan manusia. Sikap perilaku manusia dibentuk dari awal, dari lingkungan pergaulan dan keseharian yang dialami. Hal tersebut sifatnya terus menerus dan menjadi sebuah cara pandang.

Selain itu dibutuhkan pikiran yang memiliki cara pandang yang luas, materi yang tidak sedikit. Karena dalam pemberdayaan kadang kita harus banyak memberi dan berbagi .

Dan yang terakhir adalah konsistensi dan kesabaran kita untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat. Jika tidak ada hal ini tidak akan ada perubahan dimasyarakat . Dalam hal ini dibutuhkan orang -orang yang rela berjuang untuk menjadi agen-agen perubahan dimasyarakat.

Agen perubahan inilah yang menjadi motor penggerak perubahan dan orang-orang yang terjun didunia permberdayaan adalah orang-orang yang memiliki jiwa kepahlawanan. Kalau tidak ada jiwa kepahlawanan dan pengorbanan, mustahil pemberdayaan dan perubahan terjadi dimasyarakat.

 

Leave a Reply