Pembangun Peradaban

 

Kadang kita perlu mencermati dalam konteks sekarang orientasi pembangunan bertumpu pada pembangunan materi yang diukur dari materi yang kelihatan . Ketika berbicara pembangunan yang kita lihat sejauh mana jalan yang bisa kita bangun , berapa gedung yang bisa kita dirikan ataupun berapa perndapatan perkapita yang bisa kita peroleh tiap tahunnya.
Memang yang bisa secara umum hal ini yang langsung bisa kita lihat dan bisa bisa dipetakan dengan mata secara umum.Dan kadang berbicara ini langsung menyentuh kepada logika sederhana dari masyarakat secara umum.
Padahal ini hanyalah secara logika adalah obyek, bukan subyek, Jadi orientasi yang dibangun adalah obyeknya saja. Yang sifatnya diam dan semua itu tergantung subyeknya.
Berbicara pada pembangunan subyek memang kadang kita akan susah mengukur hasil yang dicapai, karena ini sifatnya abstrak dan tidak bisa diukur dengan standar matematis.Karena berbicara pembanguan subyek berbicara pembanguna kualitas sumber daya manusia.
Hal inilah yang kadang terabaikan dalam konteks pembangunan yang sesungguhnya, membangun peradaban bukan hanya diukur dari pembanguna fisik saja tetapi juga membangun sumber daya manusia yang ini menjadi motor untuk membangun peradaban yang sesungguhnya.

Leave a Reply