Mengukur Capaian Kerja

Sudah jamak lumrah ketika seseorang itu , menginginkan peningkatan di dalam hidupnya, dulu sebelumnya gak punya sepeda jadi punya sepeda, yang sudah punya sepeda pingin punya sepeda motor dan selanjutnya.

Maka dalam siklus yang benar, tentunya dibutuhkan sebuah indikator yang jelas untuk mengetahui sejauh mana kinerja kita setiap tahunnya, apakah berkembang, stagnan atau malah terjadi kemunduran.

Dalam berbagai teori disebutkan bahwa ada istilah POAC (Planing, Organising, Actuating dan Controling) . Paling merupakan perencanaan yang kita lakukan pada awal tahun dengan isi terkait dengan program yang kita rancang sekaligus target-target yang akan kita capai.

Kemudian setelah perencanaan sudah jadi , tinggal kita organisasikan dengan pengaturan langkah yang jelas  persiapan sumber daya manusia ,pendanaan dan program yang mengacu kepada perencanaan yang telah kita buat.

Langkah selanjutnya adalah  do it kerjakan !!!. Kita realisasikan apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya dengan berbagai  persiapan yang telah dilakukan.

Dan yang terakhir adalah evaluasi  program yang telah kita lakukan, apakah sesuai dengan perencanaan, ada penyimpangan, belum masuk ke target dan lain sebagainya .

Semoga dengan teori ini kita bisa mengukur capain kinerja kita secara pribadi atau secara kelompok. Semoga bermanfaat….

Leave a Reply