Masih Ada Langit

 

Pesan yang disampaikan oleh orang-orang yang pinter, orang tua dan guru-guru adalah bahwa diatas langit masih ada langit. Pesan ini mungkin singkat secara bahasa tapi panjang dan dalam dalam artian makna. Ketika kita bisa memahami maknanya mengandung pelajaran yang sangat mendalam. minimal sebagai berikut:
1. Sebagai manusia kita diminta untuk tidak mengandalkan kedudukan yang sekarang kita jabat. jadi tidak aji mumpung.karena setiap yang kita jabat ada yang mengawasi,ada yang memonitoring amanah yang kita miliki. Jika kita jadi dukuh yang mengawasi lurahnya, jika kita jadi lurah yang mengawasi bupatinya, jika kita jadi bupati yang mengawasi gubernurnya, jika kita jadi gubernur yang mengawasi presidennya, jika kita jadi presiden yang mengawasi rakyatnya.
2. Langit itu tidak jelas batasnya, jadi langit adalah sebuah kesepakatan, atau dengan kata lain langit adalah batas  pandang dari manusia, jadi ini relatif dan setiap manusia memiliki persepsi yang berbeda Рbeda . Hal ini dikandung maksud bahwa segala sesuatu yang ada didunia ini hanya fatamorgana semua serba semu dan hanya sesaat. Tidak ada yang abadi didunia ini. Ketika kita mengetahui bahwa hidup ini hanya fatamorgana maka kita seyogyanya bahwa hidup yang fatamorgana ini jangan sampai mengalahkan yang abadi . Jadi orioentasi yang fatamorgana ini kita jadikan pijakan untuk meraih yang abadi. Jangan sampai yang fatamorgana mengalahkan yang abadi. Dan jelas yang abadi adalah akhirat nanti.

Leave a Reply