>Mahluk Sosial

>


Seseorang mempunyai keinginan untuk membuat rumah yang diinginkan dalam angan-angannya. Tentunya ada beberapa tahap rencana yang perlu dilalui untuk merealisasikan keinginannya tersebut. Tahap pertama yang dilakukan merencanakan dengan menggambarkan detail konsep rumah yang diinginkan. Ketika seseorang tidak mampu menjabarkan idenya,seseorang membutuhkan arsitek rumah untuk menjabarkan idenya tersebut


Kemudian setelah jadi gambar rumah yang telah direncanakan beserta rencana anggaran biaya yang dibutuhkan, mulailah tahapan mendirikan rumah, dimulai dari penyiapan bahan-bahan bangunn. Dari semen, batu, pasir , bata , besi . Dalam penyediaaan bahan-bahan tentunya kita datang ke toko material yang menyediakan bahan-bahan bangunan yang kita inginkan
Sampai tahap pekerjaan kita membutuhkan tukang untuk memasang besi, mengaduk semen dan pasir , menata bata, memasang kusen,memasang gentang , memasang keramik sampai mengecat dinding rumah yang kita inginkan.
Ketika kita renungkan  bersama bahwa hampir dalam merealisasikan ide yang kita inginkan tidak bisa kita bekerja sendiri. Ada keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh manusia. Sehingga untuk merelealisakan idenya dibutuhkan pikiran dan tenaga orang lain.
Tuhan memberikan ruang keterbatasan kepada manusia supaya manusia tergantung dengan yang lainnya.Coba kita bayangkan ketika segala-sesuatu bisa dikerjakan sendiri oleh manusia.Hidup ini akan berasa tidak hidup. Karena tidak ada interaksi social yang dibangun antara manusia. Individualisme menjadi panglima didalam menjalani hidup ini.
Interaksi social akan menimbulkan dampak social yang akan memberikan warna didalam hidup ini. Ada kerukunan, ada perdamaian, ada pertikaian dan ada banyak hal yang terjadi dari hubungan sosial manusia.
Dan inilah takdir tuhan kepada manusia ,dengan diberikan keterbatasan kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia, supaya manusia menyadari bahwa kemampuan manusia itu serba terbatas dan membutuhkan orang lain.Serta menyadari bahwa yang memiliki kemampuan tak terbatas adalah hanyalah Tuhan , yang menciptakan manusia tersebut.

2 thoughts on “>Mahluk Sosial”

Leave a Reply