Kunjungan Ke Propinsi Gyeongsangbuk-Do dan Desa Hahoe # Perjalanan Ke Korea Selatan Bagian IV

Foto di Depan Kantor Provinsi Gyeongsangbuk-DoDisela-sela jadwal training, oleh panitia, untuk pertama kalinya kami diajak mengunjungi ibu kota provinsi di kota Andong yaitu kantor Provinsi Gyeongsangbuk-Do dan Desa Hahoe.

Dari pusat pelatihan House Of Korean Culture kami di rombongan diangkut dengan Bus. Perjalanan kurang lebih membutuhkan waktu 1,5 Jam.

Foto Bersama 8 delegasiSesampai di lokasi kami diterima oleh Guide dan langsung di ajak keliling sambil  menjelaskan secara umum kantor dari Provinsi Gyeongsangbuk-Do.

keramikBangunan dari kantor secara umum mencerminkan gaya dari Korea Selatan, sementara di sana, antara pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat pemerintahan di pisah.

Kantor pemerintahan provinsi yang ada disana, jadi satu dengan kantor DPRD Provinsi. Kantor provinsi dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan, gambar dan sejarah dari kelahiran Provinsi Gyeongsangbuk-Do serta hasil karya seni dari masyarakat, sepintas mirip dengan museum.

Makanya, hampir setiap hari, banyak warga yang datang ke kantor tersebut, berkunjung ke musem atau sekedar ngopi sambil membaca koleksi buku perpustakaan .

Desa Hahoe

Desa hahoeSetelah kami puas keliling dan foto-foto di kantor Provinsi Gyeongsangbuk-Do , perjalanan dilanjutkan ke Desa Hahoe di Kota Andong.

Jerami dari hasil pertanianDesa Hahoe merupakan salah satu desa dengan bangunan  yang mempertahankan keaslian bangunannya namun sudah menerapkan pertanian modern.

20161130_1635351 Jalan lurus dan rapiKeunikan desa tersebut, masyarakatnya maju dalam hal pertanian, tapi dilihat dari gaya bangunan rumahnya masih mempertahankan orisinalitasnya semenjak desa tersebut berdiri 600 tahun yang lalu.

Desa ini di dirikan oleh keluarga Ryu, yaitu Ryu Unryong dan Ryu Sengryong, dua bersaudara yang berprofesi sebagai petani yang membesarkan sekolah Concusian pada saat dinasti Jasoen.

Desa tersebut di kelilingi oleh Sungai Nakdong dan jika dilihat dari atas menyerupai tulisan huruf S. Ada yang menyebut, desa Hahoe seperti gambar kecambah.

Rumah Keluarga Ryo Karena lokasi yang dikeliling sungai, maka desa tersebut,menjadi wilayah yang sangat baik untuk menjadi wilayah hunian, wilayah datar, dikelilingi sungai dan di kelilingi pegunungan.

Rumah salah satu artis koreaDi Tepian Sungai NakdongJalan di pinggir sungai NakdongKarena wilayahnya yang luar biasa menarik, desa Hahoe bisanya sering dipakai untuk acara shooting drama korea. Anda tertarik untuk kesana?….

Leave a Reply