Kenapa Saya Ke Korea Selatan? # Perjalanan Ke Korea Selatan Bagian III

Foto Bersama Forum SeamaulTidak sedikit dari teman-teman saya bertanya kepada saya melalui Medis Sosial baik Whatsap maupun Facebook. Nang ngapain ke Korea Selatan?

Baiklah akan saya jawab, bahwa kedatangan saya ke Korea Selatan adalah dalam rangka memenuhi undangan dari kegiatan 2016 International Saemaul Training Program For The Delegates From 8 Countries.

Program ini ada, ketika desa kita sudah menjadi salah satu program dari Saemaul Undong, dalam hal ini di Indonesia yang memprakarsai adalah Yayasan Saemaul Undong . Kebetulan desa Ponjong program saemaul sudah berjalan satu tahun.

Yang hadir dari kegiatan ini, ada delapan negara dari benua Asia, Afrika dan Amerika, adapun negara yang hadir adalah dari Indonesia, Vietnam, Laos, Kamboja,Guetemala,Iran,,Korea dan Cotedivoire

Adapun dari Indonesia terdiri dari 14 orang delegasi yang mewakili dari BPPM Prov DIY, BAPPEDA Gunungkidul, Desa Ponjong, Desa Bleberan dari Kabupaten Gunungkidul, Desa Sumbermulyo Kabupaten Bantul dan Desa Tanjungwangi Kabupaten Subang Jawa Barat serta dari Yayasan Saemaul Global Foundation dan Penabulu.

Delegasi Dari IndonesiaInilah 14  nama-nama peserta  2016 International Saemaul Training Program For The Delegates From 8 Countries. Dari Indonesia :

  1. Budiman Setya Nugraha
  2. Anang Sutrisno
  3. Heni Nursanti
  4. Sukana
  5. Supraptono
  6. Udi Waluyo
  7. Bambang Riyanto
  8. Eka Sujatmo
  9. Soleh Anwar Hadi Waluyo
  10. Joko Nuryanto
  11. Adlina Nadia Putri
  12. Rian Budi Waluyo
  13. Budi Santsoso Idris
  14. Agustinus Riyogihna

program-training-saemaulBersama dengan peserta lain dengan keseluruhan jumlah peserta 52 orang di training di pusat pelatihan di House of korean Culture selama 12 Hari, dari tanggal 28 November 2016 sampai 9 Desember 2016.

Selama 12 hari agenda di isi dengan materi, diskusi dan kunjungan kerja ke beberapa wilayah di Korea selatan, untuk mendalami program Saemaul Undong.

Di akhir tulisan ini, saya ucapkan puji syukur kepada Allah SWT, karena begitu banyak nikmatnya, salah satu nikmat yang diberikan kepada saya melalui Yayasan Saemaul Global Foundation  adalah  seluruh kegiatan yang saya lakukan disana, dibiayai semua, alias gratis..tis..tis.. (Korea selatan 21.45)…To Be continue…

Leave a Reply