Industri Kreatif Pendorong Lokomotif Pembangunan di Gunungkidul

Industri Kreatif

Industri KreatifSedikit saya mau bercerita tentang gunungkidul dan kemajuannya. Sedikit mengekpose , supaya masyarakat tahu, siapa sebenarnya yang menggerakkan lokomotif pembangunan dan perubahan di gunungkidul.

Era sekarang adalah era dimana informasi sangat mudah sekali di akses dan siapa saja bisa menjadi subyeknya. Kecanggihan media sosial seperti, FB, Twitter , Line , WA dan lainnya sebenarnya bisa merubah segalanya.

Bayangkan ketika banyak orang , mengambil foto, bercerita sesuatu hal,akan menjadi opini yang luar biasa di masyarakat .

Peran anak muda yang secara iseng atau memang terprogram telah menjadikan Gunungkidul dieksposes luar biasa.

Siapa yang tidak kenal pantai di Gunungkidul, siapa yang tidak kenal sayur lombok, thiwul , wedangan teh gulo batu, atau sekedar share tentang kehidupan petani gunungkidul yang sangat bersahaja.

Banyak cerita orang asli gunungkidul yang merantau, berkeinginan untuk merasakan romantika masa kecil , ketika makan walang goreng, entung goreng atau nyambel bawang sambil lalapan daun tayuman.

Semua opini ini terbangun karena peran media sosial didalam memberitakan gambaran gunungkidul secara utuh.

Dan inilah sebenarnya menjadi industri kreatif  dijaman keterbukaan informasi.Dan selamat bagi anda pelaku industri kreatif di gunungkidul.

Bisa jadi nama anda tidak dikenal, tidak menjadi orang yang dihormati atau membubuhkan tanda tangan ketika peresmian proyek. Atau bisa jadi anda akan di singkirkan ketika peran anda sudah tidak diperlukan.

Tapi kerja anda indikatornya dapat dilihat oleh mata,ketika gunungkidul setiap akhir pekannya jalan jogja – wonosari macet karena banyaknya wisatawan yang berwisata ke Gunungkidul.

Ketulusan yang akan membuat kita bertahan, semoga kita bisa terus istiqomah, jangan berfikir tentang uang dan jabatan , uang dan jabatan akan mengikuti kita ketika kita totalitas menghasilkan karya.

 

 

2 thoughts on “Industri Kreatif Pendorong Lokomotif Pembangunan di Gunungkidul”

Leave a Reply