>HikmaH Kerja baktI

>

Menjadi sebuah kodrat yang digariskan oleh tuhan kepada mahklunya bahwa semua makluk tuhan tidak bisa hidup sendiri didunia ini. Semua membentuk mata rantaiyang saling berhubungan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.Ibaratnya semenjak kita lahir sampai nanti kita mati semuanya membutuhkan bantuan orang lain.
Sebagaimana diketahui, bahwa penulis ini tinggal didesa yang masih kuat nilai-nilai sosial yang ada, jika hari ahad tiba, ada tradisi bersih-bersih dusun yang dilakukan dalam rangka membersihkan rumput, membakar sampah dan merapikan pohon yang tumbuh disekitar jalan supaya tidak mengganggu pemakai jalan. Kalau didesa acara ini disebut kerja bakti
acaranya pagi-pagi dan sebelumnya biasanya diumumkan oleh pak RT ,melalui corong masjid didekatku, tidaklama setelah diumumkan masyarakat segera datang untuk bekerja bakti sambil membawa sabit, cangkul , sapu dan lain-lain.Acara tersebut  dihadiri oleh seluruh masyarakat mulai yang tua,yang sebaya atau yang muda-muda.Mereka bekerja sambil bercanda dan sebagai sarana efektif untuk berkumpul dan berbagi informasi.
kemudian disela-sela acara kerjabakti berlangsung , biasanya ibu-ibu menyiapkan hidangan berupa teh panas manis dipadukan dengan kacang rebus , pisang rebus atau gorengan dengan lalapan cabai rawit hijau.
Suasa inilah yang langka didearah perkotaan,kondisi yang kadang berkebalikan dengan kondisi dipedesaan, pandangan yang semua orientasi diukur dengan materi, karena kesibukan kerja,tuntuntan hidup dan gaya hidup mempengaruhi segalanya .Individualisme yang menjadi titik tekan serta kesadaran untuk bermasyarakat yang semakin pudar .
Dalam kondisi yang seperti ini, jika rasakan justru manusia akan bergeser pada hal yang menyalahi kodratnya,makluk sosial yang semaunya bergantung dengan yang lain,makluk yang memerlukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Semoga dipagi  yang cerah ini,sambil menikmati segelas teh, dan makan lokal semisal kacang rebus,pisang rebus dan gorengan kita mengambil hikmah dari pelajaran hidup, tentang arti sebuah kerjasama dalam masyarakat yang berupa kerja bakti .
Kita boleh beraktivitas yang sebanyak-banyaknya dalam rangka aktualisasi atau mencari rezeki yang ditebar oleh tuhan kepada makluknya. Tapi jangan sampai dengan aktivitas individu itu mengurangi aktivitas sosial masyarakat. Karena substansinya kita adalah makhluk sosial.
                                                         Gambar Orang Kerja Bakti

Leave a Reply