Bukan Seberapa Besarnya, Dibanding Besar Nilai Pembelajarannya

Ponjong 1Dalam salah satu baliho yang saya buat, terkait dengan pencalonon saya sebagai nomor satu di desa Ponjong adalah menghidupkan kembali gerakan jimpitan dari masyarakat.

Jimpitan adalah gerakan menghimpun uang  koin seratus rupiah untuk digunakan di setiap RT untuk digunakan berbagai macam keperluan.

Mungkin konsep ini sudah jadul( kadaluwarsa) tapi ternyata manfaatnya sangat luar biasa, jika gerakan ini bisa di jalankan dan dikelola dengan baik.

Ada beberapa manfaat dari gerakan jimpitan . Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gerakan ini melatih  masyarakat untuk berswadaya. Tidak selamanya seluruh anggaran untuk membangun desa di bebankan dari dana pemerintah. Tetapi masyarakat juga mengimbangi dengan swadaya.

Ciri dari desa mandiri adalah apabila desa tersebut sudah bisa melatih masyarakat untuk mandiri secara pemikiran dan mandiri secara finasial. Ada masanya tidak disuapi tetapi makan sendiri.

2. Gerakan ini juga di bisa di kolaborasikan dengan gerakan untuk menggerakkan ronda warga masyarakat. Secara teknis pengambilan jimpitan bisa setiap malam sambil ronda.

Diharapkan dengan program ini, keamanan dan ketertiban lingkungan bisa terjaga.

3. Gerakan ini  juga melatih kemandirian masyarakat terkait dengan proses menuju desa dengan transparansi yang baik. Transparansi dalam hal perencanaan, pelaksanaan,  dan pelaporan .

Jimpitan , 100 , Tiap  Rumah, Tiap  Malam salah satu program yang bisa kita ambil banyak hikmahnya.

Leave a Reply