Berbagi Di Internasional Seminar Inakos #Sebuah Penghargaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebuah Penghargaan,Yah, itu kata pertama yang terucap dari mulut saya terkait dengan aktifitas yang saya lakukan pada Kamis (30/3) di Gedung NotoNagoro Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada.

Sebagai mana diketahui http://anangsutrisno.com/seminar-internasional-inakos-the-international-association-of-korean-studies-in-indonesia/ saya seharian mengikuti acara tersebut.

Dari beberapa narasumber yang diundang dalam acara tersebut, saya menjadi salah satu narasumber. Dalam kesempatan tersebut, saya diminta untuk bercerita tentang konsep implementasi Program Saemaul Undong di Desa Ponjong.Dalam hal ini konsep yang akan dikembangkan di Desa Ponjong adalah Peternakan Sapi.

Sebenarnya saya agak sedikit minder, karena yang menjadi pembicara dalam acara Seminar Internasional ini adalah orang-orang berpendidikan, dibuktikan dengan titelnya minimal lulusan s2 dan kebanyakan profesor doktor dengan spesialisasi di ilmunya masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sementara saya hanya lulusan S1 dengan kompetensi yang tidak jelas, saya lulusan teknik, tapi diminta berbicara tentang konsep implementasi pemberdayaan masyarakat dengan spirit Saemaul Undong, Gak Nyambung kan..he..he..

Ditambah ternyata audiennya kebanyakan mahasiswa,dengan keyakinan kalau saya berbicara tentang konsep bisnis cycling tentang peternakan sapi, semakin tidak ngehhh.

Dalam kondisi yang seperti ini, saya sampaikan ke moderotar, Dr Nur Aini , bahwa saya akan banyak berbicara lebih menekankan bagaimana memotivasi mahasiswa, setelah lulus, mau pulang untuk membangun Desanya.Dan sedikit saya sisipkan materi konsep pengelolaan Sapi.

Dan ternyata responnya baik, banyak yang mendengarkan, ada yang ketawa sehingga forum lebih cair dan lebih hidup, sehingga audiensi lebih antusias, terbukti tidak ada yang ngantuk..he..he


Sebenarnya selain kesempatan tapi, ada satu hal yang perlu dijadikan sebagai sebuah pembelanjaran, ketika saya diminta mengisi seminar. Pintu terbuka untuk membuka jejaring pertemanan dan pertemanan yang nantinya akan bermanfaat untuk pengembangan pribadi dan lembaga kedepannya.

Leave a Reply