Belajar Dari Layang – Layang (1)

Ku ambil buluh sebatang, ku raut sama panjang , kutimbang dengan benang kujadikan layang-layang . Bermain, berlari, bermain layang-layang …

 

Lagu tersebut sangat familier ketika masa kecilku, lagu yang bercerita tentang proses pembuatan layang -layang sampai memainkannya. Semua ternyata ada seninya dan ada banyak makna yang bisa diambil dari bermain layang-layang.

Bermain layang -layang membutuhkan berbagai banyak hal, mulai dari proses pembuatannya sampai nanti memainkannya.Proses pembuatan ,akan berpengaruh terhadap hasil yang dihasilkan jika nanti layang -layang sudah terbang.

Jika proses penimbangannya tidak seimbang , jika terbang layang-layang akan susah dikendalikan , karena kecenderungannya akan goyang kanan atau goyang kiri.

Begitupun juga, sebagus apapun layang-layang ,jika yang memainkan tidak bisa , maka layang-layang tersebut tidak bisa dimainkan.Seni memainkan layang-layang adalah seni tarik dan ulur dari benangnya.

Seorang pemain layang-layang yang baik akan mengetahui kapan layang-layang tersebut musti ditarik benangnya dan kapan musti diulur benangnya, ini dibutuhkan jam terbang yang tinggi.

Hasil yang memuaskan adalah jika kombinasi antara pembuatan layang-layang dan pemain yang memainkannya memiliki kesatuan yang saling menguatkan.

 

Leave a Reply