Bahaya Sifat Dengki

Ada pembelajaran yang menarik yang tertulis didalam surat Al Falaq ayat 1 sampai 5. Surat yang termasuk dalam golongan surat Makkiyah yang berarti waktu subuh , tidak panjang, namun menyimpan makna yang sangat  dalam.

Inilah arti dari surat Al Falaq ayat 1 sampai 5:

1. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh,
2. dari kejahatan makhluk-Nya,
3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
4. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul,
5. dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

Inti dari surat ini adalah sikap hamba Allah untuk selalu meminta pertolongan dari kejahatan Makhluk Allah. Kejahatan ini adalah kejahatan dari gelap gulitanya malam, kejahatan dari wanita tukang sihir dan kejahatan dari para pendengki.

Di ayat terakhir surat Al falah ini, Dengki dikategorikan menjadi sebuah kejahatan. Dikatergorikan sebuah kejahatan karena efeknya sungguh sangat luar biasa.

Coba kita lihat definisi dari dengki sendiri adalah perasaan marah atau  tidak suka kepada seseorang karena iri teramat sangat karena keberuntungan orang lain.

Sifat dengki menjadi salah satu pintu masuknya setan ke dalam hati. Karena dengki,iblis dilaknat dan dijadikan setan yg terkutuk. Allah telah mencela sifat dengki di dalam ALquran dan memberatkan siksa atas orang yg mempunyai sifat dengki. Karena, pendengki termasuk menolak takdir Allah yg Allah tetapkan atas salah satu hamba-Nya. Dengki adalah penyakit serius.

Orang yg terjangkit sifat dengki indrawinya menjadi bebal. Dengki membuka matanya terhadap setiap hal kecil dan besar, dia tidak tertarik dengan apapun kecuali sirnanya nikmat ALlah dari diri orang lain.

Dia tidak menerima nikmat yang Allah bagikan untuknya. Dia juga tidak rela nikmat yg Allah bagikan untuk orang lain. Diantara hadis yg mengharamkan sifat dengki adalah sabda Nabi:”Tidak berkumpul di dalam hati seorang hamba dua hal, yaitu iman dan dengki.

Dengki adalah salah satu hasil dari sifat dendam, Karena seseorang yg dendam kepada orang lain, dia menginginkan sirnanya nikmat orang tersebut, mengumpatnya di majelis, berusaha mengambil kekayaannya, dan senang dengan kesusahan yg dideritanya.

Demikian ispirasi pagi yang saya ambil dari kuliah tujuh menit selepas Sholat Shubuh berjamaah di Masjid Al Huda Kuwon. Semoga Bermanfaat untuk saya, juru dakwah, dan siapa saja yang suka menyebarkan kebaikan .

Leave a Reply